jump to navigation

Kenapa Anggrekku tidak mau berkembang ? 1 Maret 2011

Posted by anggrekayah in Anggrek, budidaya, Hal Baru, Merawat Anggrek.
trackback

Bunga adalah bagian dari tanaman yang berfungsi membantu menyelamatkan jenis tanaman itu dengan membentuk biji yang nantinya menjadi tanaman individu baru. Dengan kata lain bunga anggrek, dalam hal ini membantu perkembangan anggrek secara vegetatif. Nah kala suatu tanaman anggrek tidak berbunga, pertanyaan pertama yang diajukan adalah apakah tanaman itu sudah pada fase perkembangan vegetatif atau masih generatif (baca: sudah cukup umur belum ?).

Tumbuhan pada umumnya didalam hidupnya mempunyai keteraturan yang telah kita ketahui seperti mulai dari biji, berubah menjadi kecambah, kemudian tanaman muda, dewasa, berbunga, menjadi buah dan terus berulang dalam rangka mempertahankan kelestariannya di bumi ini. Peran bunga dalam hal ini adalah sebagai salah satu bagian untuk mempertahankan habitatnya, dengan memperbanyak turunannya.

Nah, anggrek sebagai salah satu tanaman yang menggunakan biji sebagai alat untuk memperbanyak diri, sehingga mana kala tidak menghasilkan bunga maka akan menghadapi permasalahan dari kelangsungan jenisnya. Selain itu anggrek dipelihara oleh manusia terutama karena keindahan bunga, ketika tanaman anggrek tidak-tidak (lama tidak) berbunga maka perlu dicurigai, pasti ada sesuatu yang tidak beres.Keindahan Bunga Anggrek Dalam alamnya secara berkala anggrek akan berkembang, sesuai dengan sifat tanaman dan lingkungannya. Biasanya diawal musim hujan banyak jenis anggrek berbunga, dengan harapan besar kesempatan untuk dapat menghasilkan buah dan anakan baru. Dalam habitannya tidak mengenai pupuk bunga atau vitamin/perangsang kimia lainnya, dan dapat berbunga dengan baik.

Untuk dapat berbunga anggrek harus memenuhi beberapa keadaan seperti usia tanaman, karena beberapa komponen/bagian tanaman sudah sempurna memenuhi pekembangannya, akar, daun, batang dsb. Kalau pada anggrek dendrobium adalah 3-4 bulb, dan bulb yang terakhir semua daunnya sudah sempurna tumbuh/mekar, tambahan ada beberapa tonjolan pada beberapa ketiak daun. Untuk anggrek phalaenopsis, dimana jumlah daunnya 4-5 daun dan berukuran besar (sekitar panjang 20 cm, dan lebar 10 cm). Pada kondisi ini kita sebut anggrek sudah siap berbunga, tinggal menungu stimulus apa yang akan mengakibatkan berbunga.

Kenapa tanaman anggrek saya belum berbunga juga ? Nah untuk menjawab ini coba check tanaman anda :

  • apakah tamanan sudah tumbuh baik, dari segi usia, ukuran dan komponen tumbuhan ? Terlalu banyak pupuk/vitamin sehingga tanaman anggrek terlalu subur daunnya, dapat diperhatikan dari jumlah daun yang banyak, ada juga bakal bunga (titip tumbuh) berkembang dan tumbuh jadi kuncup daun baru.
  • Cuaca dan kondisi

Komentar»

1. fira wirawati - 9 Februari 2012

Mhn info produk terbaru anggrek yg ready stok dan hrgnya brp, skalian krm gambarnya ya.saya tunggu,mksh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: