jump to navigation

Pemula anggrek: Kenapa anggrekku terserang penyakit ? 6 Maret 2008

Posted by anggrekayah in Anggrek, budidaya, Merawat Anggrek, Orchids.
Tags:
trackback

Tanaman anggrek kita dikatakan sakit(terserang penyakit) adalah dimana suatu tanaman anggrek memiliki semua atau sebagian organ tanaman itu (daun, akar dan batang) terganggu kegiatan fisiologinya. Bilamana terjadinya suatu penyakit menyerang tanaman anggrek, ketika 3 komponen yang terlihat yaitu tanaman anggrek (host), bibit penyakit (patogen) dan lingkungan (enviroment), saling berinteraksi.
segitigapenyakit Tanaman anggrek tidak akan diserang penyakit bila tidak ada bibit penyakit disana atau kalaupun ada bibit penyakit tetapi lingkungan tidak menyebarkannya (terisolasi), maka aman tanaman anggrek kita.

Penjelasan diatas dapat menggambarkan dengan singkat bagaimana tanaman anggrek kita terserang oleh penyakit, sehingga kita dapat mencegah terjadinya hal itu seperti memperbaiki lingkungan tanaman anggrek yang sehat/baik dan sesegera mungkin membasmi bibit penyakit yang ada. Hal-hal inilah dikatakan lebih baik mencegah dari pada mengatasinya, demikian pula menangani kebun yang kecil (halaman rumah) lebih mudah daripada kebun yang luas dan besar (skala industri) sehingga diperlukan cara-cara yang berbeda.

Pada sisi lain, anggrek di alam bebas (maksudnya yang menempel pada batang pohon) dapat  menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dan dapat bertahan hidup. Apakah akar/batang/daun anggrek terlalu banyak disiram air ? buktinya betahun-tahun tersiram hujan,  dan nyatanya tahan hidup. Apakah juga diberi fungisida/insektisida/akarisida dsb ? Tidak juga, walaupun ada beberapa terserang insek, fungi dsb, tetapi anggrek alam dapat bertahan. Ini adalah sebuah hasil karya maha besar, Allah swt, terjadi keseimbangan antar ketiganya dan tetap bertahan hidup dengan baik.  Oleh sebab itu kita (sebagai pemula) tidak usah bingung dengan formula, berapa kali harus diberi fungsida/insektisida/akarisida/dsb, tetapi membuat lingkungan dimana anggrek kita bisa hidup aman dan nyaman. Kebersihan, sirkulasi udara, kelembaban air, cahaya matahari merupakan faktor penentu keberhasilan ini semua.  SELAMAT MENCOBA.

Komentar»

1. ragiel - 17 Februari 2013

bagaimana mengatasi masa krisis anggrek setelah diaklimatisasi dari botol ke kompot,sebaiknya penyiraman/pemupukan/vitamin/hormon setelah berapa hari setelah tanam,anggrek sdh ditempatkan pada tempat yg teduh namun terlihat sedikit layu pada daun,untuk penyiraman sdh menyesuaikan kelembaban media,mohon dibantu untuk infonya
AnggrekAyah:> Selamat pagi Mas ragiel, boleh sedikit penjelasan sebelum menjawab pertanyaannya. Ketika bibit anggrek pertama kali keluar dari botol maka akan mengalami proses adaptasi dengan lingkungan yang baru, seperti ketersediaan makanan, lingkungan yang tidak lagi steril. Nah maka diperlukan proses aklimitasi, proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dengan bantuan kita. Supaya tidak terlalu drop, dengan membuat lingkungannya sedikit lembab yaitu menutupnya dengan plastik, supaya tidak terserang jamur maka diberikan fungisida dan berikan perangsang lain bisa hormon atau vitamin. Kalau daunnya menjadi layu ini adalah proses normal, tapi tidak sampai kuning semua. Nah kita bisa mengatakan bibit ini berhasil beradaptasi adalah bila tumbuh akar/batang/daun baru, dan siap untuk diperlihara di tempat tersebut. Ok, sekian yang bisa kami jawab, bila belum menjawab, coba baca penjelasan tulisan kami sebelumnya 1) KOMPOT(Komonitas Pot) Effektif: Anggrek Dendrobium 2) Pemula anggrek: Kenapa harus mulai dari botolan ?. Terima kasih

2. Ryan Santika - 27 Juli 2012

salam kenal….
saya sangat menyukai anggrek, saya membeli beberapa anggrek bulan koleksi di daerah lembang, sebagai pemula saya sering membaca tentang artikel anggrek tapi tetap saja anggrek yang saya beli selalu mati, saya mau bertanya :
1. daun anggrek bulan saya setelah beberapa bulan, layu dan berkerut , itu disebabkan oleh apa yach ? pedahal saya sudah memberikan pupuk daun 1 minggu 2 kali dan pupuk bunga 1 bulan sekali.
2. setelah daun berkerut dan layu serta kuning disertai batang berkerut dan akarpun lama kelamaan berkerut dan kering. sehingga daunnya berguguran. apakah tanda tanda trs, anggrek saya mati ?
klu msh hidup bagaimana cara mengatasinya agar anggrek sy bisa tumbuh seperti biasanya dan berapa lama perawatannya ?
3. kalau dipucuk dan batang anggrek ada yang berwarna hitam itu penyakit apa yach ? dan bagaimana cara mengatasinya ?

di tunggu jawabannya.
terima kasih…..

( Ibu Ryan – Bdg )

AnggrekAyah :>> Bu Ryan, yang baik, mengenai usia sehelai daun anggrek secara persisinya aku tidak tahu, alias tidak ada teori/emperisnya. Jadi sehelai daun anggrek ini berfungsi untuk memasak (fotosintesa, mengubah zat hara menjadi makanan), disatu sisi dia sedikit menyimpan sisa makanan berlebih. Sehelai menguning berarti ada perubahan secara kimiawi dalam daun sehingga terjadi perubahan pigmen, biasanya juga diikuti dengan perubahan jaringan dalam daun, diakhiri dengan rontohnya daun tersebut (ini adalah proses yang normal, erdasarkan waktu dsb). Nah Ketika terjadi kejadian tidak-normal, ada hama penyakit (bisa jamur, bakteri, kekurangan air dalam tanaman) maka mekanismenya adalah daun akan melunak (karena dirusak oleh jamur/bakteri), keriput (karena cairan daun dihisap, akibat dehidrasi), dan selanjutnya daun rontok juga. Kunci mengamati keadaan anggrek adalah ada pertumbuhan akar, demikin juga daun, dan bunga automatis keluar kalau kedua faktor ini terpenuhi. Ok, sekian dulu jawab yang bisa kami sampaika, semoga dapat membantu, terima kasih, Wassalam

3. elisabeth - 24 Mei 2012

Maaf mau tanya saya baru membeli Anggrek dendrobium. Sesuai penjelasa bapak, “Kalau batang mulai kuning, biasanya disebabkan oleh jamur ya.. Biasanya kejadian ini disebabkan oleh media terlalu lembab dan tidak baiknya aerasi (sirkulasi udara di ruangan). Cara menanggulanginya adalah segera mencabut anggrek itu, dan membersihkan bagian tanaman yang telah terserang oleh jamur, kemudian berikan fungsida atau antisepti, dan angin-anginkan sebentar hingga kering. Kemudian pindahkan ke tempat(media) yang baru, bila daunnya sudah habis, maka gantung dengan posisi terbali (bagian pangkal batang diatas) atau geletakkan diatas media (pakis), jangan lupa disiram setiap pagi, hingga muncul akar atau tunas baru (ini adalah masa kritis anggrek ini).” yang mau saya tanya, bagaimana pemberian obat fungisidanya,maksudnya berapa jumlah yg hrs diberikan, brp lama sekali hrs diberikan dan mereknya apa? Terima kasih.
AnggrekAyah:>>Pak Benyamin, mengenai dosis biasanya berdasarkan jenis fungisida yang akan digunakan, tapi perlu diperhatikan bahwa fungsida ada 2 jenis: 1) kontak (membansi si jamur langsung) 2) sistemik (masuk ke jaringan daun/batang) dan mencegah jamur tumbuh. Nah jadi yang mana ya kalau menurut Pak benyamin untuk kasus ini ? ya, tepat yang kontak yang kita gunakan. Dan perlu diperhatikan bisanya yang tercantum pada kerdus bungsu fungsida adalah penggunakan disemprotkan, alias bagian tanaman akan hanya sedikit tersentuh, naha bagaimana kalau misalknya kita rendam (akar/batang/daun anggreknya), maka kami sarankan untuk diencerkan lagi dengan menambahkan air. Kalau merek kami tidak berani menyarankan ya, karena tidak ada pesan sponsor nih. Ok, sekian dulu diskusi kita, semoga dapat membantu, selamat mencoba, salam anggrek

4. Dara Septa - 18 Mei 2012

Saya pemulatinggal d mojokerto, d rumah saya bnyk jnis bunga anggrek. Wktu saya bli anggrek dendrobium kan ud kuncup tp ujung2nya koq kuncupny rontok dan anggrek paleonopsis daunya mndji brwarna hijau tua kayak layu gt. Cara mengatasinya gmna ya?
AnggrekAyah:>> Mas/Mbak, keadaan ini biasanya disebabkan oleh suasana cuaca saat ini (baca: hujan dan panas berganti dengan ekstrim), yang bahasa kerennya stress/drop, sehingga si bakal bunga gagal tumbuh sempurna. Hal ini biasanya terjadi pada anggrek yang dipelihara tanpa pengkondisian dengan baik. Coba anda kondisikan anggrek anda dengan baik, perbedaan suhu tidak terlalu jauh, kelembaban dan sinar matahari cukup, Insya Allah masalah ini tidak terjadi. Ok, semoga menjawab pertanyannya, terima kasih, selamat beranggrek ria, salam dari badnung

5. Ira Yusnita - 23 Desember 2011

Halo,
2 minggu lalu saya baru membeli bbrp anggrek bulan dan dendro dari daerah Malang, saya sendiri tinggal di daerah Kalimantan. Waktu awal anggrek tersebut tiba kondisi nya masih segar sampai kami pindahkan ke pot dan diberi media arang, selang 3 hari kemudian ada bbrp daunnya yang mulai menguning dan bunga-bunganya mulai layu, sayang sih..terutama yang bulan, jadi harus kami apakan anggrek-anggrek ini ya agar bisa segar kembali? apakah daun-daun yang kuning itu sebaiknya di amputasi saja atau dibiarkan sampai rontok sendiri? oh iya, pot yang kami gunakan juga masih pot plastik, apakah itu akan mempengaruhi pertumbuhan anggrek-anggrek nya?
Terima kasih :)
AnggrekAyah dari bandung:> Mbak Ira Yusnita, kalau bisa aku jelaskan ini yang dinamakan stress, akibat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru (baca: karena dibawah dari malang ke kalimantan, kemudian dilakukan repotting). Sebenarnya tidak masalah kalau anggrek tidak dalam keadaan berbunga/sedang ada kuncup bunga, karena ketika itu supply makanan berkurang (entah karena repotting atau beda cara penanganannya) maka ada skala prioritas oleh anggrek yang harus dilakukan. Dalam kasusu ini yang diambil adalah mengurangi jatah makan ke daun dan atau ke bunga, jadi layu deh. Kalau daun yang kuning mau dipotong boleh aja, dan selanjutnya perlakukan anggrek secara normal< Insya Allah akan tumbuh dan berkembang dalam beberapa waktu ke depan. Semoga hal ini tidak membuat mbak Ira Yusnita jadi kapok, dan terus belajar. Terima kasih semoga ini dapat menjawab.

6. devi eka septiyanti - 7 April 2011

bapakkk… anggrek dendro ku baru aja 1 minggu di repoting ke media pakis, awalnya dari media arang, trus aku perhatiin daunnya jadi layu, lembek dan gak berkembang, nah ternyata waktu aku bongkar pakisnya, akar anggreknya ada yang busuk, sudah ku potong dan sekarang tinggal 2 akar pendek yang tersisa. Gimana ya paaakkk… Anggrekku bisa sehat lg gak yah??? harus digimanain lg yah biar dia gak mati? biar akarnya tumbuh lagi…
AnggrekAyah:>> Mbak devi, bisa anda lihat ditulisan dan diskusi kami di http://anggrekayah.wordpress.com/2008/03/06/pemula-anggrek-kenapa-anggrekku-terserang-penyakit . semoga membantu

7. Fatma - 14 Februari 2011

Inginnya sih punya tanaman anggrek yg banyak, tapi tiap kali beli slalu mati. Karena pemula, saya ingin tanya jenis anggrek apa yg paling gampang merawatnya dan paling mudah tumbuh di daerah panas. Saya tinggal di Gresik.
Trim’s infonya….
AnggrekAyah:> Mbak Jasmin, kalau boleh saran nih, keinginan punya anggrek banyak bisa menjadi modal dasar untuk piyawai/ahli dalam bidang anggrek. Menjawab pertanyaan mbak jasmien, untuk daerah panas (seperti gresik, dimana cenderung panas kering) maka aku dapat sarankan anggrek dendrobium dan atau anggrek vanda, karena anggrek jenis ini biasa/tahan dengan matahari langsung, dan cukup bandel deh. Oke selamat mencoba ya

8. hadi lukman - 27 Oktober 2010

tuk anggrekayah-sy mengalami masalah :
1. pada tan anggrek terjadi busuk daun pada anggrek bulan(anggrek phaleonopsis).
2. pada media arang terdapat jamur dan pada akarnya itu sering busuk.
3. berapa kebutuhan intensitas cahaya tuk anggrek bulan,dendrobium,catleya,panda.
4. apa pupuk yg baik tuk memacu pertumbuhan tanaman anggrek agar cepat besar dan cepat berbunga.
5. bagaimana cara membungakan anggrek bulan di dataran rendah.
sekian pertanyaan saya ini semoga Anggrekayah dapat memberikan solosinya.terima kasih.

AnggrekAyah:> Mas Lukman, busuk daun perlu diteliti secara seksama, apakah itu disebabkan oleh jamur (berlendier) atau karena virus (berbau), setealh tahu baru kemudian kita dapat lanjutkan dengan memberikan obatnya (fungisida/antiseptik). Kemudian bukan saja media arang yang memungkinkan terjadinya jamur, seperti pakis, moss, sabut kelapa dsb, mempunyai kemungkinan sama, cuma kelembaban dan bibit jamur yang akan menentukan, yaitu kedua pencetus itu bertemu. Pada dasarnya semua anggreka membutuhkan sinar matahari (intensitas) sama, cuma tingkatnya berbeda, terutama panasnya sinar matahari, yang jelas phalaenospsis tidak suka panas matahari, tetapi suka matahari (intensitasnya rendah). Anggrek pada dasarnya akan berbunga bila telah memenuhi prasyarat genetika (usia, komponen genetika) maka akan berbunga. Cuma namanya manusia berkeinginan sesering mungkin berbunga, nah ini menyebabkan perlu treatment hara, vitamin, hormon dan sinar matahari perlu penanganan khusus. Ok, mas Lukman, sekian dulu yang dapat aku jawab, semoga dapat membantu, terima kasih

9. suwitra - 20 Maret 2010

mbak mau nanya,saya punya anggrek denrobium yang bila berbunga beberapa kuncup bunganya menguning & gagal mekar,gmna ya caranya mbak? thanks

AnggrekAyah:> bila kuncup bunga gagal mekar bisa terjadi 1) karena tanaman mengalami stress, sehingga perkembangan bunganya tidak sempurna dan menguning. Biasanya hal ini terjadi bila ada perubahan cuaca atau lokasi yang sangat drastis 2) bisa juga karena genetik, maksudnya hal ini terjadi sudah turunan alias catat/tidak sempurna. Kami punya beberapa tanaman dari 1 silangan tertentu selalu menghasilkan 2-3 kuntum bunga saja, dari 7-12 bakal bunga. Untuk kasus terakhir ini tidak bisa dihndari. Demikian yang bisa kami jelaskan berkaitan dengan pertanyaan bli Suwitra. Terima kasih

10. nova - 1 Desember 2009

mau tanya ….
jenis anggrek apa yang perlu ditingkatkan kualitasnya,untuk agar tahan kekeringan atau tahan penyakit busuk karena jamur dan bakteri?
thanq…
Anggrekayah:> Mbak Nova yang baik, wah pertanyaanmu singkat tapi sangat prinsip sekali. Perlu diingat bahwa kondisi apapun yang terlalu ekstrim itu tidak baik. Jadi prinsip terlalu kering, sangat berlawanan dengan lembab (tempat yang baik untuk jamur tumbuh), bilamana diinginkan 2 kondisi bisa dipenuhi oleh mahluk hidup, termasuk anggrek, adalah suatu hal yang sangat mustahil. Kalau aku pribadi, dalam hal ini lebih mengutamakan bagaimana menemukan anggrek yang cantik dan indah, saja cukup. Terima kasih, semoga sedikit penjelasanku dapat menjawab pertanyaan mbak nova

11. Nila Sari - 11 Juni 2009

Ayah…. saya mau tanya… sy baru belajar tanam seedling catelya.. tp baru 1 minggu daunnya koq menghitam & lembek kenapa ya.. apakah ini jamur & bagaimana penangananya ?? mohon pencerahannya ayah… terimakasih…

AnggrekAyah:> mbak Nila, seperti kita ketahui bahwa di musim penghujan ini sangat baik untuk jamur/bakteri berkembang biak. Biasanya kalau terlalu banyak air yang disiram, terjadi penggenangan dipucuk daun, maka tempat yang ideal untuk jamur/bakteri berkembang biak. Daun hitam menandakan terjadi kerusakan jaringan daun, akibat serangan jamur/bakteri. Cara mengatasinya : 1) kalau sudah terserang, segera pisahkan tanam ini, bersihkan bagian yang terserang(dapat dilakukan dengan memotong/amputasi) dan berikan antisepti, angin-angin sebentar dan biarkan beberapa hari tanpa kena air. Setelah itu repotting dan berikan fungsida sistemik (pencegahan) dan atau akarisida (untuk bakteri). Semoga penjelasana ini bermanfaat. terima kasih

12. dicky dita f - 23 April 2009

boleh nanya ya.. newbie ni..
kapan hari aku beli anggrek bulan .. nah setelah beberapa hari di rumah, ada kucing nakal.
dia matahin batang anggrek bulan ..ya… sayang kan.. jadi sekarang gak ada bunganya deh.. gimana ni…? apa bisa ya tumbuh lagi batang tempat munculnya bunga tersebut?
makasih.. ya?

13. ila - 6 April 2009

saya sdh memberi anggrek saya fungisida, walopun daunnya sdh habis dan bunganya berguguran tapi Alhamdulillah sekarang sdh tumbuh anakannya…sekitar beberapa mm. selain memberi fungisida, anggrek saya gantung dalam keadaan trbalik…
tapi ini hanya pada 1 anggrek saya.
sedangkan anggrek2 yang lain masih mulai menguning dan kemuadian menghitam, dan akhirnya daunnya gugur satu per satu…tapi sekarang ini saya sedang melakukan perawatan terhadap anggrek2 saya..
saya mohon doanya agar anggrek2 saya kembali seperti semula…
thanks atas infonya…

Hari Abrianto - 18 Juni 2009

Mbak Ila, sebetulnya anggrek terutama species yang kita beli kemudian dipindahkan ke pot biasanya daun yang lama akan tidak berkembang / tidak bisa besar & yang berkembang anakannya hingga besar sekalipun kita beri perangsang akar / daun. Jadi jangan kuatir anggrek tsb mati yang penting akarnya sehat & tidak busuk.

14. ila - 30 Maret 2009

Assalamu Alaikum..
mau nanya nih pak..
anggrekku terserang penyakit..daunnya semakin hari semakin berkurang, permasalahan kemarin daunnya seperti membusuk, tapi setelah g pernah disiram lagi daunnya menjadi kering.
anakan yang baru muncul juga ikut membusuk, baunya agak asam gitu…kenapa yah?
kemarin anggreknya sdh saya bersihkan, ternyata di arangnya banyak binatang conth:kaki seribu yang kecil2, semut, n bnyk serangga.udah benar g kalo akarnya saya bersihkan dengan air bersih saja?abis itu diapain yah?apakah arangnya mesti dibersihkan juga?caranya gmn?
tuk menghilangkan binatang2 pengganggunya pakai apa yah?
sekarang kok malah anggrek2 yang lain ikut terjangkit, daunnya yang hijau berubah menjadi agak kuning, setelah itu bercak hitam, n akhirnya gugur…bgmn cara menyelamatkannya?saya g tau mau diapakan lagi?
bgmana cr pemakaian fungisida?

thank bgt atas jawabannya…
anggrekku dah hampir tewas semua..

AnggrekAyah:> Bu Nurfadhilah yang baik, memperhatikan cerita anda (mengenai keadaan anggrek anda) maka dapat kami simpulkan pertama adalah anggrek anda terkena serangan jamur (fungi) dan memang sering mewabah dikala musin penghujan seperti sekarang ini. Fungisida adalah cairan untuk memusnahkan jamur dengan jenis fungsida kontak dan mencegah penyerangan jamur dengan jenis fungisida sistemik. Bagian tanaman anggrek yang telah terserang jamur lebih baik diamputasi dan berikan antisetik kemudian berikan fungsida untuk membasminya. Untuk kasus akar anggrek bu nurfadlilah, ada bisa melakukan repotting dengan media yang baru, dimana sebelumnya akar-akar yang sudah mati (berwarna hitam dan tidak berisi lagi) bisa diamputasi, kemudian berikan hormon pertumbuhan seperti Vit B1, Insya Allah akan kembali normal. Perlu diingat bahwa karena akar yang diserang, yang merupakan mulut kalau kita identikan dengan tubuh manusia (tempat masuknya hara makanan) maka recovery nya sangat lambat lho. Semoga menjawab dan membantu dalam membudidayakan angrgek anda, terima kasih

15. Rainy - 19 Februari 2009

Salam kenal anggrekayah…
Aku baru punya anggrek dendrobium 2 minggu lalu, salah satunya ada yang batangnya menguning dan ada noda hitam di belakang daunnya. apakah itu terkena jamur? lalu aku tempatkan di teras rumah ku yang berkanopi dan tidak kena matahari langsung, apakah itu tempat yang baik untuk dendrobium.
Thanks yah anggreekayah infonya
AnggrekAyah:>Mbak Rainy, kalau jamur biasanya menyerang ujung batang, daun, pangkal batang, dan efeknya biasanya lembek dan cenderung bau. Kalau daun yang menguning adalah daun terakhir (paling bawah) itu adalah normal. Spot hitam biasanya disebabkan oleh serangga (insekt) deh. Coba perhatikan dengan cermat. Sejatinya dendrobium (pada umumnya) senang akan sinar matahari lho, walaupun demikian di bawah panopi tidak masalah kok. Ok, segitu dulu semoga menjawab ya, terima kasih

16. gosa - 29 Januari 2009

halo anggrekayah saya perlu bantuan nih…ada beberapa anggrek bualn saya yag daunnya menguning dan ada noda hitamnya juga…..tpi daun yg lain masih segar…saya jadi bingung kenapa yach/???
apakah karena hujan kemaren yg cukup lama sehingga anggrek menjadi kurang sehat (demam or flu kali yeee)! Padahal anggrek sudah saya pupuk …insekt ..fungi (dari bahan alam)…tpi masih juga kacau…udara kelembaban cukup + sirkulasi udara…n sinar juga rada remang2..(gak kena langsung..krn pake paranet 70%)..anggrek cattelya ku banyak tumbuh tunas baru n semakin besar cuman kok gak ada bunganya…bukannya setiap tunas baru disertai bunga?
INFONYA SANGAT SAYA NANTIKAN…EMAIL SAYA jpg_agus@yahoo.com
AnggrekAyah:> Bpk. Agus yang budiman, pencegahan dari penyakit itu lebih baik dari pada membasmi penyakit, nah status anggrek bulan anda sudah terserang, yang pertama anda harus lakkan adalah angkat dan pisahkan dari teman-temannya, kemudian potong daun yang kuning (apalagi ada spot hitamnya) berikan antiseptik pada bekas potong daun tersebut. Kemudian perhatikan dengan teliti apakah ada kelainan (biasanya sumber penyakit) dipanggal akar (akar dicabut) apakah ada insek disana, atau ada bau tidak enak (biasanya tanda jamur) dst. Rawat anggrek ini secara intensif selama 1 bulan, kalau sudah ada tanda2 kehidupan (tumbuh akar/daun baru), baru dapat dikembalikan ke kebun kembali. Mengenai cattelya, coba perhatikan tinggat kesuburan (apakah bulbnya subur) dan kondisi mikro kebun menunjang. Keadaan seperti sekarang ini (awal musim hujan) adalah waktu yang tepat untuk tepat untuk berbunga, selamat berkaya

17. Yuli - 21 Januari 2009

hallo anggrek ayah, saya mau bertanya. Anggrek bulan saya sudah berbunga dan berbiji banyak. karena saya sebagai pemula jadi saya belum paham cara mengembangkan biakan denga melalui biji. Bisakah Bapak bantu langkah yang perlu saya lakukan. Saya ucapkan terima kasih terlebih dahulu. Saya tunggu jawabannya.
AnggrekAyah:> Mbak Yuli yang baik, wah hebat ya, bunga anggreknya sudah bisa sampai berbuah (menjadi buah). Ok mohon maaf aku tidak dapat menjawab detilnya karena memang perlu penanganan khusus deh. Singkatnya begini, biji anggrek sudah ditakdirkan Allah swt bahwa bijinya tidak dilengkapi dengan persediaan makan, jadi memang biji perlu semacam inkubator bayi itu lho. Di alam bebas hanya beberapa gelintir saja yang berhasil menjadi tanaman baru. Daerah yang cukup lembab dibawah pohon, biasanya ditandai dengan tumbuhnya lumut/tanaman kecil lainnya, nah disanalah tempat yang ideal untuk menebar biji anggrek. Untuk membantu kesempuranaan pertumbuhan biji, maka kita dapat menambahkan perangsang tumbuh (ZPT) dan juga nutirisi tambahan (pupuk kengkap = NPK). Ok, semoga menjawab pertanyaan Mbak Yuli. terima kasih

18. Siti Showa Rizka - 9 Desember 2008

halo anggrekayah, saya mau numpang nanya
anggrek bulan saya yang baru saya beli beberapa hari yang lalu kok bunga yang masih kuncupnya pada rontok, kenapa ya?
terimakasih sebelum dan sesudahnya
AnggrekAyah:>Mbak Siti Showa Rizka, itu yang dinamakan stress/shock, hal ini bisa dikarenakan pergantian lingkungan hidupnya (misalnya dari daerah dingin ke daerah panas) atau dalam perjalanan dari kebunnya pedagang sampai ke ke rumah ibu. oleh sebab itu penangan (Packaging) merupakan hal yang penting dalam proses pengiriman anggrek. Mbak Siti Showa Rizka, tidak usah khawatir, Insya Allah anggreknya akan berkembang lagi asal mendapatkan perawatan yang baik. Ok, semoga menjawab.

19. arie.ch. - 7 Desember 2008

Assalamu’alaikum bapak,sy baru bc pertanyaan diatas dan semua sdh menjawab permasalahan sy. yang ingin sy tanyakan knapa sih kebanyakan penggemar anggrek adl kaum hawa,bahkan alm pakde sy jg anggreknya banyak dan sangat memukau sy………trm kasih,wass wrwb.
AnggrekAyah:> Mas/mbak Arie, kalau dari pengamatanku malahan terbaik. Memang kaum hawa (wanita) lebih banyak dari jumlah, tetapi dari segi kualitas/mutu kaum adam lah yang mendominasi. Coba sebutkan pengganggrek yang anda kenal, aku yakin lebih dari 70% adalah kaum adam. Tapi ini tidak perlu diperdepatkan, mari kita bersama menikmati anggrek yang indah ini. Betul nggak ?

20. sapto - 6 November 2008

Anggrekku terserang semut? Daun pucuk habis dimakan semut lama-lama mati anggrekku.
Gimana n obat apa yang dapat membasmi semuu……….ut……..ya ?

21. Alvin Warouw - 27 Agustus 2008

Pak Weda, mau tanya nih, anggrek Phalaenopsis saya dibagian belakang daun nya berubah warna jadi seperti ungu dan lama-lama daun nya menjadi lembek dan akhirnya mati, ini penyakit apa yah dan bagaimana menyembuhkannya juga bagaimana menghindari penyakit ini.
Terima kasih
AnggrekAyah :> Sahabatku Alvin Warouw, seperti halnya manusia, penyakit pada anggrek anda dapat pula menulari ke anggrek anda yang lain. Langkah pertama yaitu mengisolasi tanaman tersebut (ini kalau untuk kasus 1 tanaman saja), setelah itu baru kita amati penyakit yang sebenarnya apa. Kalau memperhatikan penjelasan diatas, itu kemungkinan adalah serangga (bukan insek, tetapi kutu berkaki 3 pasang) atau tungau (kalau menggunakan kaca pembesar berwarna orange) biasanya menyerang pada saat musim kemarau seperti sekarang. Cara mudah adalah potong bagian daun tersebut dan luka daun bisa diberikan antiseptik (betadin cain yang telah diencerkan). Potongan daun dibakar. Cara lain menggunakan Akarisida, dan akan mematikan kutu tadi tapi tetap tidak dapat kembali normal (masih tetap hitam). Semoga menjawab, terima kasih.

22. Agus - 13 Agustus 2008

Pak Weda.Yth…
Aku ingin tahu anggrek bisa tahan ga untuk daerah panas … misal daerah Brebes ….kalo cocok pengin rasanya ngirim anggrek ke sono..
trims infonya..

AnggrekAyah :> Sadauraku Agus Ashari yang baik, untuk diketahui saja bahwa anggrek terdiri lebih dari 5000 jenis, dan ada beberapa jenis yang bisa tumbuh baik di daerah panas (daerah dataran rendah, < 500 dpl) yaitu dendrobium dan vanda. Umumnya dendrobium akan tumbuh dengan baik didaerah panas, cuma perlu diperhatikan jangan dendrobium jenis formose. Di rumah banyak tuh koleksi aku, berminat ? sok atuh main ke rumah. Terima kasih semoga menjawab.

23. A. Widhie - 13 Juni 2008

mas…… mau nanya ,, kenapa kok anggrek bulan saya yang asalnya dari malang dibawa ke situbondo, lalu sampai di situbondo , anggrek bulan saya malas berbunga? malah daunnya kuning semua ?
Trims……..

AnggrekAyah :> Mas Widhie, aku coba membahas semampuku dan berdasarkan info yang sangat minim. Pada umumnya setiap dipindahkan ke tempat/kondisi yang baru, apalagi bila sangat kontras berbeda (lebih dingin, lebih panas, lebih kering, ataupun lebih lembab) biasanya mengalami stress, ditandai dengan “stagnasi pertumbuhan”, ada juga diikuti dengan penurunan (daun kuning, batang keriput). Bila beruntung (setelah beberapa bulan, setelah tanaman dapat bersosilisasi) maka tanaman akan tumbuh kembali. Untuk dapat berbunga, ya perlu waktu lagi dan perlu pemberian hara yang sempurna, sehingga tanaman siap berbunga kembali. Kenali lingkungan rumahmu, itu adalah hal yang terpenting dalam memelihara anggrek. Selamat mencoba, terima kasih

24. tris - 30 Mei 2008

pak.. gimana nasib saya. ada kirim email tuh plus bonus foto keadaan anggrek saya.

> dari e-mail Tris :
>Saya Tris yang kemaren comment di blog bapak.
> Mohon pencerahan dikiiit aja. Kira-kira keadaan
> anggrek phal saya gimana. Berikut terlampir fotonya.
> Waktu dibeli keadaan akarnya mulus gendut dan hijau
> segar. Sekarang 2 minggu di tangan saya jadi agak
> hitam-hitam

1.Daun anggrek phal saya sih gak kuning, masih ijo seger. Tapi akarnya itu yg agak mencurigakan. Mulai timbul bintik hitam di beberapa bagian gitu. Trus akarnya ada yg berubah jadi kurus dan mengering. Saya udah mau pindahin ke media arang, tapi nunggu petunjuk bapak dulu hehehe.
2.Trus untuk media arang apa boleh di bagian dasar pot saya beri pecahan batubata dulu baru atasnya arang.
3. Direndam dengan larutan pupuk daun aja tanpa campur fungisida boleh gak? Soalnya belum beli hehehe

Makasih.. makasih..

AnggrekAyah :> Pertama mengenai phalaenopsis anda (setelah melihat gambar) telah terjadi pembusukan akar anggrek, kemungkinkan disebabkan oleh jamur dipangkal akar (coba baca tulisanku di http://anggrekayah.wordpress.com/2008/03/06/pemula-anggrek-kenapa-anggrekku-terserang-penyakit/) . Duga aku adalah “over lembab”, dimana media moss sangat baik menyimpan air, sehingga kelebihan air (pada saat menyiram) maka akan membuat suasana dalam media “over lembab” dan menjadi tempat yang ideal untuk jamur berkembang biak. Pencegahan adalah kurangi frekuensi penyiraman, ganti media dengan paskir (kalau frekuinsi penyiram tetap sama), siram dengan fungsida kontak (untuk mematikan jamur) dan sistemik (untuk mencegah). Untuk keadaan sekarang adalah repoting, angkat anggrek itu, kemudian bersihkan akar-akar yang sudah membusuk, beri fungisida kontak, biarkan beberapa saat, baru kemudian pindahkan ke media yang baru (dianjurkan media tersebut telah steril), dan rangsang pertumbuhan akar dengan Vit B1.
Pertanyaan nomor 1, ada kaitannya dengan jawab diatas ini.
Pertanyaan 2, boleh saja arang digunakan untuk dasar pot, agar supaya air segera keluar dari pot.
Pertanyaan 3, kenapa harus di rendam ? kalau boleh aku sarankan untuk secara kontinue memberikan baik pupuk, hormon, vit, peptisida tetapi dengan kadar yang rendah (sangat encer). Ok, selamat mencoba.

25. kevin - 26 Mei 2008

halo anggrekayah…

tipsnya berhasil… sekarang anggrek kami sudah mulai segar dan ada tunas2 baru tumbuh dengan cepat

makasih tipsnya ya…

kevin

26. Rapi P - 22 Mei 2008

Dear….

pada daun anggrek saya banyak terdapat bercak bercak kuning yang lama lama membesar terus menjadi hitam kemudian daunnya rontok, dan mennular ke anggrek yang lain. apa penyab dari kasus ini?
mohon informasi nya.

Terimakasih

Rapi
AnggrekAyah :> Sahabat rapi, aku coba menjawab berdasarkan info yang diberikan. bercah kuning pada daun berarti di daun terdapat patogen, cuma patogennya apa ? bisa jadi jamur, bisa jadi virus ataupun kuman disini kurang info yang tersedia. Untuk gampangnya segera mempotongnya, agar supaya tidak menularkan ke tanaman/daun yang lain, atau dikarantina tanaman tersebut. Untuk pencegahan selanjutnya bisa diberikan fungsida yang encer saja, selamat mencoba.

27. Sri Sulastri - 13 Mei 2008

Saya sedih sekali, setelah beberapa hari ini daun-daun anggrek bulan saya mulai menguning. Apa penyebabnya ya? Trus harus diapakan?Apakah ada obatnya? Apa nama obatnya? Mohon respon secepatnya. Terimakasih.

AnggrekAyah:> Bu Sri Sulastr, daun kuning perlu diperhatikan secara seksama, ada kalanya memang itu merupakan proses alami karena sudah tua dan akan segera rontok. Bila bukan karena daun tua, coba perhatikan apakah disertai dengan pengerutan daun lainnya, bila iya maka telah terjadi sesuatu pada akar, yaitu telah terserang jamur. maka segera diangkat kemudian berikan fungsida dan angin-anginkan beberapa saat, kemudian tanamkan kembali. Ok selamat mencoba< Insya Allah berhasil.

28. kevin - 24 April 2008

alow, salam kenal juga…

gawat nih anggreknya udah harus masuk ICU. kasian istri saya, bisa nangis bombay nih soalnya dia suaaayang banget sama anggrek ini.
(anggrek pertama tewas tak bernafas karena over-watering, sedangkan yg ke 2 dan ke 3 udah mulai menguning).

kalo dilihat dari jenis bunganya kayaknya sih dendrobium. warna bunga anggrek kami hijau muda (tidak ada kombinasi warna sama sekali) dan daun berwarna hijau tua.

kalau saya bisa simpulkan dari yg saya baca2, teknik merawat anggrek secara umumnya sbb (tolong betulin ya kalo salah)
– sirkulasi udara harus bagus
– udara jangan lembab
– sinar matahari harus cukup tapi tidak langsung mengenai tanaman
– penyiraman maks 1 minggu sekali dan pot atau bagian akar harus kering setiap habis penyiraman
– pemupukan dilakukan dengan mencampur air dengan pupuk dan disemprot dilakukan 1-2 minggu sekali

kalau ada yg kurang lagi, tolong ditambahin ya.
makasih banget buat saran nya…

kevin

AnggrekAyah:> Sama-sama. Ilmu yang baik adalah pengalaman sendiri, maksudku yang kita dapat dari kebun sendiri

29. kevin - 23 April 2008

anggrek kami juga mengalami masalah yg sama. kebanyakan batangnya mulai menguning, perlahan2 mengecil dan akhirnya mati. anggrek kami diletakkan di dalam pot, ruangan indoor tanpa ac, sinar matahari masuk dari jendela.
bagaimanakah cara mengatasi masalah ini?

Trims.

AnggrekAyah :> Pak Kevin, salam kenal ya. Maaf bapak lupa menyebe\utkan jenis anggrek bapak punya, tetapi aku duga adalah dendrobium ya ?. Kalau batang mulai kuning, kemudian diikuti dengan mengecil (mengerut, mengering) dan mati, biasanya disebabkan oleh jamur pada pangkal batang. Biasanya kejadian ini disebabkan oleh media terlalu lembab dan tidak baiknya aerasi (sirkulasi udara di ruangan). Cara menanggulanginya adalah segera mencabut anggrek itu, dan membersihkan bagian tanaman yang telah terserang oleh jamur, kemudian berikan fungsida atau antisepti, dan angin-anginkan sebentar hingga kering. Kemudian pindahkan ke tempat(media) yang baru, bila daunnya sudah habis, maka gantung dengan posisi terbali (bagian pangkal batang diatas) atau geletakkan diatas media (pakis), jangan lupa disiram setiap pagi, hingga muncul akar atau tunas baru (ini adalah masa kritis anggrek ini). Selamat mencoba, semoga berhasil

30. Vera - 12 April 2008

saat musim hujan kemarin ada beberapa anggrek saya yang busuk dengan batang menguning, lembek dan berair.. kenapa yah ? Anggrek2 tsb saya gantung ditembok halaman belakang. Tolong bantu yah agar anggrek yg lain tdk busuk. Thx

AnggrekAyah :> Mbak Vera, pertama adalah mencegah penyebaran jamur itu adalah memotong bagian tanaman anggrek yang terserang dan bekas potongan tadi diolesin (diberi) fungisida dan pndahkan ditempat yang tidak terkena air hujan langsung.
Mbaj Vera, memang ada beberapa jenis anggrek yang tahan (resitan) terhadap air hujan dan ada juga yang tidak kuat/tahan terhadap air hujan, coba diperhatikan deh. Maksudnya kalau sudah pernah terserang jamur, ya jangan dihujan-hujani lagi dong. Selamat mencoba

31. usep - 28 Maret 2008

Bagaimana sich, cara pembibit anggek apa dari biji atau tunasnya ? apakah anggrek yang sudah berbunga akan berbunga terus ? sampai usia berapa, bunga anggrek sama layunya berapa hari. makasih
AnggrekAyah:> Rekan Usep, pertanyaanmu singkat, tetapi perlu jawaban yang panjang nih, jadi aku coba menjawab singkat dulu ya, Insya Allah aku akan tulis pada postingku yang lain.
1. Perkebangbiakan secara generatif dilakukan anggrek melului bunga, biji, tunas, tanaman muda dan tanaman dewasa, sedangkan perkembangbiakan vegetatif dilalukan dengan stek (vanda), tunas (dendrobium, cattelya, vanda, oncidium).
2. Sesuai dengan hukum Alam, maka anggrek yang telah berbunga, maka terus berbunga (tentu bila kondisi lingkungan mendukung).
3. Usia berbunga sangat bervariasi sekali, kalau anggrek hibirda dendro sekitar 18 bulan, phalaenopsis 24 bulan dst.
Mudahan-mudahan ini dapat menjawab, terima kasih

32. nuzulia - 6 Maret 2008

maf saya masih sangat baru dalam hal ini sehingga kurang bisa memahami.makasih
AnggrekAyah :> Mbak Lia, ini menyambung pertanyaan anda sebelumnya, jadi disini adalah dengan membuat atau menghindari 3 komponen tadi berinteraksi, maka kita dapat membuat tanaman anggrek kita bebas dari penyakit. Khusus untuk kebunku, sekarang aku sudah mengurangi penggunaan fungsida/insektisida secara masal. Bila terjadi penyakit pada tanaman anggrekku, segera aku ambil obati dan karantina, dan segera kembalikan bila sudah sehat. Itu sedikit tambahannya ya. terima kasih

Widya Ningrum - 15 Maret 2013

mlm,,,saya mau tnya????
gni lho….,,
saya punya anggrek bulan,,awalnya terdapat bintik kning d”daun,bbrpa hari lngsung mNULar di daunnya dan lnggsung rntok,,sehingga anggrk prtma mnlar ke anggrk lain,,,
gmna ya cra mngtsinya?
mngkin ada obtätnya?????

Utomo - 13 April 2013

Bagaimana bentuk jamur itu? Apakah seperti kapas atau cair?Dan apakah lumut pada akar anggrek itu berbahaya? Bagaimana membasmi lumut?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: