jump to navigation

Pemula anggrek: Kenapa harus mulai dari botolan ? 22 Januari 2008

Posted by anggrekayah in Anggrek, budidaya, Hal Baru, Merawat Anggrek.
Tags: ,
trackback

Sebagaimana lazimnya sebagai seorang penghobi anggrek, pernah melewati masa perkenalan dan eksplorasi tentang anggrek, dan dilanjutkan dengan mencintai anggrek itu sendiri. Setelah berjalan beberapa lama ini, yang menarik untuk diamati adalah kebanyak “pemula anggrek” memulainya dengan memelihara anggrek dengan mengeluarkan bibit anggrek dari botol (baca : ini juga saya alami sendiri). kompotPerlu dicermati bahwa bibit anggrek yang keluar dari bobot, bak bayi baru keluar dari perut ibu/inkubator, maka layak mendapatkan penanganan khusus, sehingga memang perlu ekstra perhatian untuk mengusahakan dapat hidup dan berkembang. Berselang beberapa waktu, 2 tahun untuk jenis dendroboum, 1,5 thn untuk anggrek bulan, 3 tahunan untuk cattelya, dst, baru kita dapat menikmati nilai keberhasilan itu.

 

Sebuah tantangan akan keberhasilan, sebuah kenikmatan untuk mejalani perawatan, serta suatu tahapan yang lengkap dilalui untuk menhantarkan kita pada suatu pengetahuan, pengalaman dan kemampuan memelihara anggrek yang sesungguhnya. Jadi “MAJU TERUS PANTANG MUNDUR”, bila berhasil melewati tahapan ini, maka dipastikan akan berhasil membudidayakan anggrek pada umumnya.

Pada sisi lain, bila kita mengawali dengan hal – hal yang susah dan beresiko tinggi, dan kita mengalami kegagalan, maka kecenderungan efek jera (‘kapok”) akan muncul pada kita. Sehingga mengakibatkan ketidak sukaan kepada anggrek muncul, dan akan menyampaikan kepada orang lain sbb: “ANGGREK SUSAH MERAWATNYA”, “ANGGREK GAMPANG MATI”, dst.

Jadi suatu pilihan yang harus dilakukan dan harus disesuaikan dengan kemampuan dan ketahanan kita masing-masing. Ada nasehat yang sangat bijak, dari penganggrek senior bagi pemula, mulailah dengan yang mudah dan sederhana, setelah mampu/terlewati maka kita dapat menaikkan tingkat kesulitan dst. Hal ini bisa juga kita lakukan dengan membaca buku, mendapatkan informasi dan mengamati kegiatan peanggrek tentang berkebun anggrek, setelah menguasainya baru kita dapat mulai mengembangkan mulai memelihara beberapa anggrek yang siap bunga dst. Pilihan ada pada anda, dan resiko juga pada anda, otomatis kenikmatan juga anda yang merasakannya.

terima kasih

Komentar»

1. Semata Wayang - 27 September 2013

saya pengen tau tempat pembudidayaan anggrek di kota medan, ada apa gak ya ?

2. ayu - 8 April 2012

assalamualaikum ayah… minta tolong bisa kasih informasi prosedure dan dokumen2 apa yg harus di lengkapi untuk bisa import anggrek dari luar negeri. soal nya temen ku mau beli anggrek di australia dan mau kirim ke aku. trimakasih
AnggrekAyah:>> Waalaikumsalam wr. wb. terus terang aku belum pernah import anggrek nih, tapi menurut teman yang pernah itu sangat tergantung dengan pelabuhan (udara/laut) tempat paket kita sampai, disana biasanya ada karantinanya deh. Nah ini mau dibawa sendiri atau via jasa pengiriman ? Kalau jasa pengiriman, disanalah anda bisa bertanya, perlu dokumen apa ? Anggrek katanya termasuk barang yang dibatasi importnya, jadi ya gitu lah. Semoga membantu. terima kasih

3. ayu - 4 April 2012

saya lagi cari tempat kursus memelihara anggrek, dimana ya. kalo bisa area jakarta timur or selatan. thank

4. Fadlin newbie - 15 Maret 2011

Assalamualaikum wr.wb
Om mau tanya donk. sayakan d kasih anggrek bulan sama saudara. nah saya bingung cara perawatannya gimana. tapi saya suka sama anggreknya.
lokasi tempt tinggal saya d kota malang. umur anggrek -/+ 4bln atau entah lah. soalnya daonnya juga dah gede n lebar2 om. nah pot yg saya pakai dari botol plastik minuman bekas trus saya isi pake moss sebagai medianya.
point yg mau saya tanya :
1> ciri2 akan berbunga seperti apa
2> trus cara mindahnya kaya gimana kalo akarnya udah pada nempel.
hehehe.. jadi takut mati anggreknya.
mohon bantuannya dengan sangat y Om.

5. lutfi - 3 Februari 2011

ayah asalamualaikum wr. wb saya mau tanya anggrek macan itu termasuk jenis aggrek apa yaaa. trus bagaimana cara menanam serta medianya apa aja maklum baru dapat kiriman anggrek terima kasih
AnggrekAyah: > Waalaikumsalam. grammatophyllum (scriptum atau speciosum) sering disebut anggrek macam. Yang penting adalah mengenali anggrek dihabitat aslinya. Untuk jenis ini biasanya berada di ujung pohon yang besar, artinya senang akan sinar matahari, dan didaerah yang sering hujan, jadi juga senang akan air, tetapi gunakan media yang poros (maksunya tidak menyimpan air terlalu lama). Ok, semoga dapat menjawab dan puas, terima kasih

6. rini - 3 Februari 2010

Saya baru 3 bulan pelihara anggrek dna punya 6 jenis dendrobium. karena iseng akhirnya anggreknya saya pisah2 jadi 12 pot. hehehe…
informasi dari buku saya beri pupuk gandasil bunga dan daun. juga saya selingi dengan pemberian air beras dan air kelapa muda.
alhamdulillah sekarang sudah bertunas semua (masih +/- 5 cm)
yang jadi pertanyaan saya apakah dari keberhasilan saya mampu membuat anggrek saya bertunas akan diikuti dengan tumbuhnya bunga???? (mungkinkah anggrek nya sudah adaptasi dengan lingkungan rumah?)
AnggrekAyah:> Mbak Rini yang baik, benar anggrek-anggrek anda sudah dapat beradaptasi dengan lingkungan rumah anda, ditandai dengan adanya kegiatan pertumbuhan (munculnya akar baru, tunas baru atau daun baru). Nah apakah munculnya tunas akan diikuti dengan munculnya bunga ? hal ini sulit untuk aku jawab, tapi bilamana syarat-syarat untuk sebuah pohon anggrek untuk berbunga (usia, perkembangan generatif, cadangan makanan) maka tidak sulit bagi anggrek untuk berkembang. Ada baiknya mabk rini perhatikan kapan-kapan memberikan anggrek anda dengan pupuk untuk pertumbuhan daun dan pupuk untuk membungakan. Ok segitu dulu yang dapat kami jawab, semoga dapat menjawabnya, amin

7. intan - 13 Desember 2009

mau tanya ni…
aku mau belajar cara nyilang anggrek…
tapi medium agarnya sama caranya masi bingung..

ini di bnadung? bandung nya dimana ya?

8. Novi Indah - 10 Juli 2009

Ass.wr.wb.Thanks u/ infonya pak. B’awal dari hobby sy ingin memulai usaha kecil2an skala RT dgn membuka kbn anggrek, sbg grower aja dgn membeli tan.remaja or blooming size u/ dijual kmbli dlm btk tan b’bunga, sbnrnya ingin skali bdy khusus phals. cm sptnya daerah sy krg cocok ya pak? Mgkn vanda dan dendro yg lbh cocok. Hy saja byk pekebun di dae sy hanya jual yg kriting (dendro), u/ jenis dendro bunga bulat mrk blg impor shg tdk jual u umum. Mgkn bpk py info dmn sy bs mdptkannya? Thx u/ perhatiannya. Wassalam

AnggrekAyah:> Waalaikumsalam. Mbak Novi, seperti yang telah anda utarakan diatas benar adanya. Memang untuk dendro bunga bulat yang dipasaran telah di dominasi oleh ex-produk thailand. Seandainya ingin tahu persis sumbernya, memang ada beberapa sentra anggrek jenis ini seperti di tangerang, depok (ini untuk yang kebun rakyat), ada beberapa industri besar di daerah lembang dan cikampek (ini untuk ozet besar), persisnya aku tidak tahu. Semoga membantu

9. Novi Indah - 23 Juni 2009

Assalamualaikum. Pak, saya tinggal di sidoarjo, mungkin lebih cocok untuk budidaya dendro dan vanda ya? Sebenarnya ingin sekali belajar budidaya phalaenopsis, bisa ga ya pak? Mungkin bisa hidup tapi enggan berbunga ya? U/ sidoarjo media yang cocok u/ phalaenopsis apa ya?. Thanks u/ bantuanya. Wassalam

AnggrekAyah:> Mbak Novi, pada umumnya jenis anggrek bulan (phalaenopsis) dapat tumbuh subur/dengan baik di daerah tinggi/dingin. Khusus daerah panas maka dapat tumbuh cuma tidak sesubur di daerah dingin, alias daun tidak sebaik sebanyak daerah dingin. Nah mengenai media jenis anggrek ini lebih baik menggunakan moss karena akan menyimpan air yang baik, tetapi cenderung permukaannya akan cepat tumbuh lumut alias menghijau. Ok, semoga dapat menjawab pertanyaan mbak Novi

Novi Indah - 11 Agustus 2009

Ass.wr.wb. Sudah saya coba pak, dengan membeli bibit compotan, yang saya tanam kembali di pot2 plastik dengan media spagnum moss (moss putih). Memang benar moss sdh mulai menghijau (mau tumbuh lumut). Tapi bibit dapat tumbuh subur, sehat dengan daun mengkilat. Pertanyaan saya bagaimana mengatasi lumut ini pak ? Memang lumut menganggu ya tanaman utama (anggrek) ya? Ada saran, disekitar akar phals tetap diberi moss, hanya saja dibagian atas media ditutup dengan pakis, jadi fungsi moss hanya untuk “mencengkeram” air saja mengingat daerah saya tinggal daerah panas. Bgmn pak? Thanks u/ infonya. Wassalam.

AnggrekAyah:> Waalaikumsalam warohmatuhiwabarokatu. Lumut tidak mengganggu secara langsung, melainkan mengakibatkan jelek aja. Benar, media moss itu hanya berguna untuk menahan air agar tetap lembab, jadi kurangi frekuensi penyiraman (maksdunya jangan terllau basa aja). Selamt mencoba, terima kasih

10. DR YUDI IRAWANTO - 16 Januari 2009

AYAH, SAYA TINGGAL DI TANGERANG KOTA, ANGGREK APA KIRA2 YANG COCOK DENGAN TMPKU? BISA GAK BIBIT BOTOLAN DIBUDIDAYAKAN DI HALAMAN RUMAH. TOLONG KASIH TAHU HARGA ANGGREK BOTOLAN DAN YG BERBUNGA, TRIK2 BUAT MENANAM ANGGREK BULAN YA BISA KE EMAIL AKU. SY PUNYA PH. AMOBILIS TAPI BELUM KELUAR BUNGA BARU TANGKAI BUNGA SAJA, PUPUK APA YANG BISA MEMPERCEPAT KELUAR BUNGA. TERIMA KASIH
AnggrekAyah :> Bpk Yudi yang terhormat, menurut aku, rumah bapak cocok untuk anggrek dataran rendah (tahan panas) biasanya dendrobium dan beberapa ocidium. Kalau bpk ingin membudidayakan anggrek dari bibit botol bisa baca tulisan aku sebelumnya mengenai aklimitasi kompot ya ?. Memang kebanyak dari kita terkecok dengan cukup dicekok dengan pupuk maka anggrek akan berbunga. seperti kita ketahui bahwa anggrek seperti halnya mahluk hidup (ciptaan Allah SWT) memiliki kebutuhan hidup terutama lingkungan (iklim mikro di rumah) yang baik, atau sesuai dengan keadaan alamnya. Jadi bila ingin memelihara anggrek, cukup dengan pupuk lengkap (NPK) encer dan rutin dan menciptakan lingkungan yang baik dan sehat, Isnya Allah bunga akan segera muncul, Ok Selamat mencoba.

11. DODDY GUMILAR - 8 Januari 2009

PAK, SAYA SUDAH LAMA MEMELIHARA ANGGREK.
PENGALAMAN SAYA MULAI DARI BELI, BOTOLAN,KOMPOT DAN REMAJA.
SEKARANG SAYA INGIN BELAJAR/KURSUS MENYILANG ANGGREK. APA BAPAK BISA MEMBANTU SAYA?
pak, aku sih maniak phalenopsis, mana phalenopsisnya?

Anggrekayah:> Sahabatku Doddy Gumilar, kalau boleh tahu anda berdomisili dimana ? Seandainya anda berdomisili di bandung, dengan senang hati anda bisa berkunjung ke kebun kami dan Insya Allah kami dapat men-share pengethuan yang kami miliki. Silahkan hubungi kami terlebih dahulu. Ok, mengenai produk phalaenopsis segera akan kami publish setelah persiapan yang harus kami lakukan selesai, Insya Allah secepatnya. Memang ada beberapa yang sedang berbunga, kalau anda tertarik bisa datang ke kebun kami. Terima kasih atas perhatiannya

12. capmau - 11 Agustus 2008

Dear Aayah,

2 bulan yg lalu saya beli anakan Cattleya yg panjang daunnya baru sekitar 5cm. Sekarang kondisi sudah sekarat karena tinggal menyisakan 1 daun, saya menggantungnya secara terbalik ditempel pada sabut kelapa. Ini berlangsung baru 2 hari yg lalu (10 agt 08).

Gimana cara agar bisa diselamatkan? (saya sangat berharap Cattleya ini dapat hidup karena merupakan hibrid dari Thailand dan dewasanya berharga sekitar 150 – 200 rb per tanaman.

AnggrekAyah:> Rekan Ray yang baik, kalau membaca pertanyaanmu, anggrek yang kamu beli adalah masih remaja (lebih besar sedikit dari seedling) ya ? (ini aku mau konfirmasi saja). Pertama yang perlu kita perhatikan adalah penyebab kenapa daunnya gugur ? Seandainya, daun yang gugur karena stress (biasanya karena perjalan jauh atau pindah situasi lingkungan), ini tidak masalah dan tidak perlu sampai diterbalikan segala. Yang bahaya adalah bisa disebabkan oleh jamur/bakteri, maka pertama adalah tanaman itu harus diberiobat (atau jamur/bakterinya dimusnahkan terlebih dahulu), setelah itu baru kita beri perangsang akar (Vit. B1) atau memanjakan dalam plastik (biar kelembabannya agak tinggi, coba baca tulisakan aku ttg klimitasi deh). Ok, coba mulai dengan identifikasi penyebab, dan kita lanjutkan meniadakan/memusnahkan penyebab dan merangsang untuk tumbuh dan berkembang. Ok selamat mencoba

13. Arief - 26 Juni 2008

Sungguh suatu pengetahuan yang berharga nih, terima kasih ayah. Kursus kultur jaringan anggrek memang banyak tp saya baru menjadikan anggrek sebgai hobby dan masih menimba pengetahuan.
Oya, saya mau tanya dong tehnik penyerbukan anggrek. Ayah punya foto / gambar kepala putik dan serbuk sari dari anggrek gak? tolong dong sekalian di ajarin cara praktis penyerbukan anggrek.
Terima kasih.

AnggrekAyah :> Sahabat Arief, maaf aku belum bisa memenuhinya sekarang, Insya Allah dilain kesempatan. Terima kasih

14. Arief - 19 Juni 2008

Ayah yang ahli dalam masalah anggrek,
saya mau tanya, apakah agar-agar untuk penanaman anggrek di botol ada yang jual sudah jadi? kalau ada, namanya apa dan di jakarta belinya dimana ya.

terima kasih

AnggrekAyah:> Mas Arief, jangan menyanjung begitulah, kita kan sama-sama belajar, ada kalanya aku tahunya lebih dahulu, ada kalanya mas arief lebih tahu dari aku, Ok . Setahu aku tidak ada yang menjual seperti itu, karena biasanya ramuan/racikan itu adalah seni/keunggulan masing-masing pembotolan. Dulu aku pernah mengemis kepada seorang pembotol anggrek di bandung, setelah 3-4 bulan baru diberikan, dengan catatan harganya lebih mahal daripada harga botolannya, cuma karena penasaran saja akhir aku beli 10 botol. Alhamduliah aku gagal semua, jamuran. Kalau mau mencoba membibitkan sendiri sekala rumah, bisa dicoba dengan beberapa cara yaitu mendekati keadaan alamnya, maksudku dialam biji anggrek dapat tumbuh dibatang pohon yang lembab, ada hara makanan, biasanya terletak pada lekukan batang (coba perhatikan deh dipohon-pohon pinggir jalan). Demikain juga air kelapa muda, tomat, pisang ambon bisa digunakan sebagai hormon pengatur tumbuhnya. Nah ambil mos atau ambil tumbuhan kecil yang dibatang pohon (biasanya seperti sisik naga lho), secukupnya dalam wadah, kemudian taburkan biji anggrek, dan semprotkan cairan pengatur tumbuh tadi setelah ditambahkan dengan pupuk NPK 20% 20% 20%, dan tutup dengan plastik untuk beberapa waktu. Secara rutin dicheck dan diulangi penyiraman kembali secara rutin, Insya Allah berhasil dan akan menghasilkan tumbuhan kecil anggrek. Setelah terlihat mungkin cairan pengatur tumbuhnya dikurangi. Selamat mencoba. Atau anda bisa ikut kursus kultur jaringan anggrek, banyak kok.

15. tami - 29 Mei 2008

Ass, mau tanya
kenapa orang lebih memilih membudidayakan anggrek yang berasal dari botol?
AnggrekAyah :> Waalaikumsalam, untuk menjawab pertanyaan itu, mungkin didominasi oleh dari faktor harga bibit botolan yang murah dibandingkan dengan bibit remaja ataupun yang sudah berbunga. Selain itu kalau kita mulai dari botol maka margin keuntungan akan lebih besar.
Khusus untuk penghobby, maka cara pandanganya pasti berbeda, yang jelas mungkin lebih senang dengan tantangan (baca tulisan saya : Pemula anggrek: Kenapa harus mulai dari botolan ? ) Tapi perhatikan bila kita berpandangan dengan dari segi praktisnya saja, misalnya berapa banyak sih kita butuh tanaman tersebut, mungkin sekitar 1-2 pohon, dan kenapa harus menunggu 18-24 bulan dulu (untuk berbunga). Memang demikian kenyataannya.

16. tris - 22 Mei 2008

huaaahahaaa saya gak sampe segitunya sibuk. kalo sekadar siram tanaman kayaknya masih ingeeet… makasih banyak ya pak infonya.
nanti kalo ketemu masalah boleh ya numpang tanya lagi.

17. enggy - 21 Mei 2008

gimana ya caranya aku dapat bibit anggrek botolan, yang bagus
AnggrekAyah :> Mbak Enggy (mudah-mudahan tidak salah sebut nih), terima kasih atas pertanyaannya yang singkat, tapi jawabannya panjang nih.
Pertama kita sepakati dulu bibit anggrek yang bagus itu apa ? kalau dari anatomi tanaman, maka bibit anggrek yang bagus (baik) itu adalah siap tanam, kalau bibit botol maka bibit sudah cukup besar dan siap dikeluarkan, demikian pula untuk bibit seedling dst. Yang jelas bibit harus sehat, tidak terinfeksi bibit penyakit, tidak cacat fisik dsb. Kedua, adalah bagus dari jenis, corak, bentuk dan penampilan bunganya.
Untuk kasus pertama biasanya anda harus inspeksi langsung ke tempat, atau ada beberapa breeder yang menyediakan jasa secara online, nah yang online ini mungkin hanya berdasarkan asas percaya saja. Nah untuk bagus kriteria kedua ini, perlu pengamatan yang seksama, jadi ada breeder khusus phalaenopsis, dendrobium (keriting) dan ada yang import dari luar. Karena kebanyakan bibit botolan adalah hasil silangan, maka kita juga harus pandai-pandai memilih indukannya sehingga hasil silangan tadi sesuai dengan keinginan kita.
Untuk tahap awal, anda bisa coba setiap jenis silangan 2 botol dulu, kemudian nanti anda bisa seleksi bungannya nanti ketika berbunga. Ok semoga menjawab pertanyaan anda.

18. tris - 20 Mei 2008

numpang tanyaaaaa.. saya baru aja mulai belajar pelihara anggrek dan nol pengalaman. Saya beli beberapa bibit anggrek phalaenopsis dalam pot plastik kecil ukuran diameter kurleb 7cm dgn media pakis. lokasi di palembang. yg saya mau tanya :
1.sekarang saya mau pindahin ke pot yang lebih besar karena kata yg jualnya udah boleh dipindah. ( tapi yg jualnya pelit informasi, males2an waktu ditanya ). Rencananya saya mau pakai arang aja biar praktis karena saya full time kerja kantoran dan waktu saya sedikit untuk hunting keperluan ini. mohon petunjuk cara pindah media yg benar dan apakah perlu jam atau waktu tertentu untuk pindahinnya.
AnggrekAyah:> Mengenai pilihan media tanam, mengingat sahabat tris ini, sangat sibuk, maka lebih baik menggunakan media moss, karena lebih banyak menyimpan air, sehingga bila anda terlalu sibuk (baca:lupa nyiram) tidak masalah. Masa senang anggrek, tapi tidak ada waktu untuk nyari media tanam, wah kebangetan nih, berarti belum cinta sejati dong. Mengenai waktu Insya Allah tidak ada waktu tertentu untuk memindahkan / repotting, yang perlu diperhatikan adalah si bibit jangan sampai terlalu lama diluar (setelah dikeluarkan dari pot) dan akarnya kekeringan, sehingga stress, biasanya nanti ngambek si anggrek ini, dan akan stagnasi untuk beberapa saat deh.
2.Trus utk fungisida saya pernah baca boleh pake betadine. Gimana itu ya?
AnggrekAyah:> betadine digunakan sebagai antiseptic, pembunuh kuman-kuman, sedangkan fungisida adalah cairan pembunuh jamur, jadi keduanya berbeda peruntukannya. Nah bila anggrek anda terserang jamur (daun, akar atau batang) maka gunakan fungsida, dan bila anda melakukan pemotongan bagian tanaman, untuk menghindari terserang penyakit bisa diolesi betadine.
3. rumah saya jenis ruko menghadap ke barat, jadi matahari pagi tidak langsung kena ke tanaman saya dan kalau sore sinar matahari terik kena di tanaman dan hawa disekitarnya panas. Apakah situasi seperti ini bisa untuk anggrek jenis phal?
AnggrekAyah:> Phalaenopsis kebanyakan(dominan) cocok didaerah dataran tinggi, identinya menyenangi daerah dingin/sejuk. Berarti daerah panas bukan tidak bisa hidup, bisa hidup cuma perkembangnya berkurang atau tidak cocok. Untuk situasi rumah anda, sangat cocok dengan anggrek dendrobium lho.

terimakasih atas bantuannya yaaaa..

19. cumun - 27 Februari 2008

mo nanya duunk..

kalo anggrek bulan kan gak bisa berbunga pada daerah panas seperti jakarta, yang saya mau tanyakan, apakah dengan perlakuan pemberian stress pada tanaman dapat menyebabkan munculnya bunga?

lalu perlakuan stress seperti apa yang cocok untuk kebutuhan diatas?

AnggrekAyah :> Pertama-tama aku mau meluruskan bahwa tidak benar kalau anggrek bulan tidak bisa berbunga di dearah dataran rendah (salah satunya jakarta). Dikarenakan anggrek bulan ini tidak pada kondisi seharusnya maka diperlukan waktu untuk beradaptasi atau diperlukan dukungan lingkungan yang baik. Jadi bisa saja berbunga, tetapi akan membutuhkan waktu yang lebih lama, membutuhkan perhatian (kondisi lingkungan) yang lebih dari yang dilakukan di dataran tinggi. Nah perlakuan stress adalah salah satu saja yang dapat merangsang anggrek itu berbunga, tetapi perlu diperhatikan bahwa keadaan anggrek sehat sekali, karena kalau tidak bisa-bisa malahan anggreknya bisa mati. Hati-hati dengan pemberian treatment stress lho.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

